Apa Saja Jenis-jenis Hosting Itu?

Ditulis olehadmin
Ditulis pada
23 Sep 2021
Waktu baca~2 menit

Salah satu hal yang terpenting dalam berbisnis online adalah memiliki sebuah website. Karena dengan website, kita ibarat punya toko yang buka selama 24 jam. Selain itu, website bisa juga berfungsi sebagai company profile, media komunikasi dengan pelanggan, dll.

Tapi yang terpenting dari adanya website bagi bisnis kita adalah trust atau kepercayaan dari customer. Calon customer akan menaruh kepercayaan yang lebih tinggi kepada bisnis yang memiliki website dibanding kepada bisnis yang tidak atau belum memiliki website.

Sebuah website tentu tidak lepas dari yang namanya hosting. Karena hosting merupakan "pondasi" bagi website yang kita miliki. Bagi yang belum mengetahui apa itu hosting, hosting adalah tempat penyewaan server bagi website kita agar website kita bisa diakses oleh semua orang.

Nah, sebelum memiliki website, ataupun bagi Anda yang ingin memigrasikan websitenya, berikut ada penjelasan singkat mengenai beberapa jenis hosting yang bisa digunakan untuk website kita.

Silakan disimak sampai akhir ya, agar Anda tidak salah dalam memilih hosting.

  • Shared Hosting

    Dalam shared hosting, satu server dibagi menjadi beberapa pengguna. CPU, RAM, dan storage pun berbagi dengan semua pengguna yang lain. Pengguna biasanya diberikan akses ke halaman cPanel untuk memanage website nya masing-masing. Shared hosting sangat cocok untuk pemula karena penggunaannya yang mudah dan harganya yang ekonomis.

  • Cloud Hosting

    Mirip shared hosting --di mana pengguna diberikan akses cPanel--, tetapi cloud hosting memiliki performance yang lebih baik. Karena cloud hosting menggunakan beberapa server untuk penggunanya. Artinya, jika terjadi masalah di satu server, website anda tidak akan terganggu karena bisa menggunakan server yang lain secara otomatis. Cloud hosting cocok untuk yang memiliki website dengan traffic yang cukup tinggi dan yang membutuhkan uptime yang stabil.

  • VPS Hosting

    VPS singkatan dari Virtual Private Server. Dalam VPS Hosting, satu server dibagi menjadi beberapa virtual server dan setiap pengguna memiliki akses ke (virtual) server nya masing-masing.
    Dalam VPS, pengguna diberikan kebebasan untuk mengelola server nya sendiri. Dalam VPS, pengguna diberikan akses root (admin) tanpa software cPanel ataupun yang lainnya. Jadi ini lebih cocok untuk yang mengerti teknis mengenai setup dan maintenance server beserta software-software nya. Kelebihan VPS adalah dari segi performance dan keamanan yang lebih tinggi karena tidak berbagi dengan user lain. Kekurangannya adalah harus setup dan maintenance semuanya sendiri.

  • Dedicated Hosting

    Dedicated Hosting adalah satu server yang disewa secara ekslusif oleh satu pengguna. Biasanya dedicated hosting digunakan oleh enterprise atau perusahaan besar yang membutuhkan performace dan kemanan maksimum. Dedicated hosting merupakan hosting dengan budget paling tinggi dalam pembahasan kali ini.

  • Wordpress Hosting

    Wordpress Hosting lebih mirip dengan shared hosting atau cloud hosting, di mana pengguna diberikan akses seperti cPanel untuk memanage websitenya. Wordpress Hosting dikhususkan untuk memanage website berbasis Wordpress saja. Kelebihannya: Biasanya sudah tersedia optimasi untuk Wordpress sehingga lebih cocok jika anda sering menggunakan website Wordpress agar memudahkan anda sebagai website owner atau admin.

Manakah hsoting yang paling cocok untuk saya?

Jika Anda seorang pemula, maka shared hosting adalah pilihan yang paling cocok untuk Anda. Jika anda sudah memiliki shared hosting dan sudah mulai banyak traffic yang tidak terhandle oleh shared hosting, maka cloud hosting bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda. Jika anda memerlukan full customization dan paham teknis, kemungkinan cPanel tidak cukup untuk kebutuhan anda. Maka anda membutuhkan VPS.

Sesuaikanlah jenis hosting dengan kebutuhan website dan kemampuan Anda baik dari segi teknis maupun dari segi budget.

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda.

Bingung memilih vendor hosting yang bagus dan terpercaya?

Coba Niagahoster atau Dobelhost untuk alternatif yang lebih ekonomis.

Perlu dukungan software, template desain, ataupun ilmu tambahan mengenai digital marketing dan bisnis online ?

Cek produk-produk pilihan berikut ini untuk meningkatkan omset bisnis Anda:

Xinemax

Xinemax

Saat ini 85% marketer seperti anda ingin membuat video yang menarik....

Namun 90% di antaranya video video yang dibuat sama sekali tidak memiliki pendekatan emosional kepada audiencenya

XINEMAX akan Membantu Anda Untuk Membuat Video Promosi Terbaik kurang dari 10 menit dan bisa Membius Seluruh Audience anda!!

 
Selengkapnya
WhatsApp Master Closing

WhatsApp Master Closing

Perhatian !!! Jika Anda Menggunakan WhatsApp untuk promosi, maka Anda butuh ini . . . Kuasai SEMUA STRATEGI JUALAN Laris Manis di WhatsApp yang Sudah Terbukti Berhasil di Banyak Bisnis Tanpa Perlu Coba-coba Buat apa bertahan dengan cara lama, kalau ternyata jualan Anda bisa SEMAKIN LARIS SECEPATNYA

WA Master Closing adalah program belajar berisi video-video dan modul-modul yang isinya adalah strategi KOMPLIT jualan di WhatsApp. Selain ilmu yang lengkap, pesertanya nanti juga akan dapat support grup diskusi dan update materi secara berkala. Jadi pesertanya boleh bertanya sepuasnya alias KONSULTASI apapun tentang strategi jualan di WA. Ditambah lagi, nanti juga akan terus dapat UPDATE ilmu tentang jualan di WA.

Sehingga, setelah ikut ini otomatis jualan Anda di WA akan LEBIH BAIK dari sebelumnya.

 
Selengkapnya
WBS Pro

WBS Pro

8.000+ Orang Sudah Menggunakan Tools Whatsapp Marketing Ini!

Follow Up Ataupun Mengirim Pesan ke Whatsapp yang ada dalam database Anda dengan sangat singkat, tanpa harus manual satu persatu.

 
Selengkapnya