8 Tips & Trik Website dengan Menggunakan Wordpress

Ditulis olehadmin
Ditulis pada
12 Mar 2021
Waktu baca~3 menit

Website ibarat rumah atau toko kita. Semakin menarik tampilan dan isi toko kita, maka akan mengundang makin banyak pengunjung. Dalam tulisan kali ini, ada sedikit tips dan trik agar website wordpress kita menjadi lebih ciamik dan lebih convert tentunya.

1. Gunakan Hosting yang Bagus

Karena hosting merupakan "pondasi" bagi website Anda, gunakanlah hosting yang bagus dan mendukung baik dari segi kecepatan maupun uptime nya. Anda bisa menggunakan hosting yang sudah terkenal seperti Niagahoster. Atau jika budget Anda terbatas, Anda bisa menggunakan hosting yang lebih ekonomis dengan kualitas yang tidak kalah bagus seperti Dobelhost atau Gapura Hoster

2. Gunakan Plugin SEO

Jika website Anda ingin tampil di halaman depan pencarian Google, lakukan optimasi pada website Anda agar lebih sering muncul di halaman depan mesin pencari. Anda bisa menggunakan bantuan plugin SEO seperti Yoast SEO atau All-in-One SEO Pack. Tentu selain menggunakan Plugin SEO, ada cara dan teknik tertentu yang harus dilakukan agar website anda bisa tampil di halaman depan Google. Jika anda tertarik untuk mendalami SEO, coba ikuti kursus terbaik SEO ini.

3. Pilih Theme yang Sesuai dengan Kebutuhan

Theme ibarat "pakaian" website Anda. Theme mengatur tampilan secara keseluruhan dari website Anda. Selain itu, theme juga menyediakan fungsi-fungsi tambahan seperti fungsi untuk memasukan kode pixel Facebook dan tracking Google Analytics. Gunakan theme yang mendukung jenis website Anda. Salah satu theme yang saya rekomendasikan dengan fitur langkap dan performance bagus adalah LandingPress. Theme ini banyak sekali digunakan oleh internet marketers di Indonesia karena fiturnya sangat lengkap dan sangat cocok dengan kebutuhan internet marketing dan bisnis online sekarang ini.

4. Install Plugin yang Dibutuhkan

Install plugin yang benar-benar dibutuhkan oleh website Anda. Plugin yang tidak terlalu dibutuhkan lebih baik dinonaktifkan & dihapus. Plugin yang aktif tetapi tidak diperlukan dapat memperlambat website wordpress Anda.Jika Anda sering menggunakan Elementor untuk membuat landing page, Anda bisa menginstall plugin Landfoster untuk mempercepat dan mempermudah pembuatan landing page. Landfoster menyediakan ratusan template untuk Elementor super lengkap yang siap edit dan publish dalam berbagai niche bisnis.

5. Compress Image

Image yang terlalu besar akan membuat website Anda semakin berat. Sebaiknya image yang diupload ke website wordpress Anda, selalu dikompres untuk mengecilkan ukuran dan meringankan load website Anda. Anda bisa menggunakan layanan seperti tinyjpg.com atau plugin sperti Jetpack Photon untuk membuat image menjadi lebih kecil.

Struktur permalinks juga sangat menentukan SEO. Jika permalink yang kita pakai SEO-friendly, maka website kita akan mudah dikenali oleh mesin pencari (Google) maupun oleh pembaca, karena mengandung kata kunci dan mudah dibaca oleh pembaca sekalipun. Pilihlah permalink yang SEO-friendly, contoh: https://abqoridigital.com/7-alasan-kenapa-kita-harus-beriklan-di-facebook-ads/. Jangan memilih yang tidak SEO-friendly seperti: https://abqoridigital.com/?p=2673

7. Update Secara Rutin

Wordpress dan plugin-plugin yang terinstall perlu diupdate secara rutin agar fiturnya selalu up-to-date. Selain itu, software yang up-to-date membantu meningkatkan keamanan website Anda juga. Wordpress dan plugin-pluginnya biasanya sudah menyediakan update secara otomotis. Tapi ada catatan, jika menggunakan update secara otomatis, ada kemungkinan salah satu plugin belum mengikuti update wordpress terbaru sehingga menjadi tidak jalan atau ada error. Jika ingin menggunakan update otomatis, pastikan semua plugin yang anda install sering menyediakan update agar sinkron dengan update wordpress nya. Jika ragu-ragu, anda juga bisa meng-update secara manual wordpress dan plugin sesuai kebutuhan.

8. Backup Secara Rutin

Lakukanlah backup website anda secara rutin agar tidak kehilangan data penting di website Anda. Beberapa hosting menyediakan backup secara otomatis, seperti Niagahoster dan Dobelhost. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan website Anda. Jika hosting Anda tidak support backup otomatis, Anda bisa melalukan backup secara manual baik setiap hari ataupun setiap minggu. Backup bisa dilakukan melalui cPanel ataupun dengan menggunakan plugin seperti UpdraftPlus atau BackupBuddy.


Demikian tips & trik website yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan juga sales dari website Anda. Akhir kata, semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini agar lebih banyak lagi orang yang mendapat manfaatnya...

Wassalam..